Astia, Meni (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_MENI ASTIA_00338.pdf [thumbnail of final_B1_8_MENI ASTIA_00338.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_MENI ASTIA_00338.pdf
Download (525kB)
Abstract
Salah satu materi kimia adalah sistem koloid yang dipelajari pada kelas XISMA. Materi ini akan terasa kurang menyenangkan bagi siswa jika dalampembelajaran hanya disampaikan dengan metode ceramah yang bersifat satu arah(teacher centered). Bahkan, kebanyakan dari siswa kurang mampumenghubungkan konsep yang dipelajarinya dengan kehidupan sehari-hari. Salahsatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses siswa menemukankonsep yang dipelajari dan menghubungkannya dengan kehidupan mereka seharihari adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group onlydesign”. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI IPA semester genaptahun 2011/2012 di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Pengambilan sampel diambildengan menggunakan teknik Random Sampling, sehingga kelas XI IPA 1 sebagaikelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitianini berupa soal-soal objektif berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan data hasilpenelitian diperoleh data yang berdistribusi normal dengan Lo < Ltabel danhomogen dengan nilai Fhitung < Ftabel , sehingga pengujian hipotesis dilakukandengan uji “t”. Dimana dari hasil perhitungan diperoleh thitung (3,64) dan ttabel(1,67), ini berarti thitung > ttabel pada α 0,05 dan taraf kepercayaan 95% . Pada kelaseksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 86,06 sedangkan pada kelaskontrol 78,63. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian diterima, dan dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMAN IVII Koto Sungai Sarik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA, MATERI KOLOID |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24404 |