Upaya Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak Melalui Dolanan di TK Tunas Harapan Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam.

Ilahi, Hidayatil Pitria (2011) Upaya Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak Melalui Dolanan di TK Tunas Harapan Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HIDAYANI_PITRIA_ILAHI_08344_2011.pdf] Text
final_B1_HIDAYANI_PITRIA_ILAHI_08344_2011.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil perkembangan kecerdasan sosial anak pada tahun pelajaran 2010/ 2011 semester I, tergambar bahwa kecerdasan sosial anak berkembang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan kecerdasan sosial anak kelompok B1 TK Tunas Harapan Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam, dalam hal yang meliputi kecerdasan 1) tanggung jawab, 2) percaya diri/keberanian dan 3) disiplin yang dilakukan melalui kegiatan dolanan anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya guna meningkatkan perkembangan kecerdasan sosial anak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Setting penelitian ini adalah pada bulan April sampai dengan Mei 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan tiap siklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda, pada siklus I peneliti memilih kegiatan dolanan anak dan pada siklus II dolanan dilakukan dengan menggunakan marakas. Pembuatan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi. Dan sumber data adalah data diamati selama anak melakukan kegiatan dolanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial anak dalam hal bertanggung jawab, percaya diri/keberanian, dan disiplin meningkat dengan baik, karena lebih dari separoh anak menunjukkan perkembangan kecerdasan sosial baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kecerdasan sosial anak dalam bertanggung jawab, percaya diri/ dan displin meningkat dengan baik, setelah melakukan kegiatan dolanan, baik dolanan tanpa alat musik marakas maupun dengan menggunakan marakas. Adapun saran dari penelitian ini, diharapkan guru TK dapat menggunakan kegiatan dolanan sebagai kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak, dan kecerdasan yang lainnya. Selain guru orang tua juga diharapkan untuk dapat mengembangkan kecerdaan sosial anak dirumah, karena kecerdasan sosial merupakan kecerdasan yang harus dikembangkan sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kecerdasan sosial anak,Kecerdasan sosial TK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:20
Last Modified: 16 Sep 2025 06:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24399

Actions (login required)

View Item
View Item