Studi Komparasi Kinerja Karyawan Bersertifikat Kompetensi dan Kinerja Karyawan Tidak Bersertifikat Kompetensi di Rocky Plaza Hotel Padang

Waladi, Fauzy (2018) Studi Komparasi Kinerja Karyawan Bersertifikat Kompetensi dan Kinerja Karyawan Tidak Bersertifikat Kompetensi di Rocky Plaza Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAUZY_WALADI_1306360_1068_2018.pdf] Text
B1_03_FAUZY_WALADI_1306360_1068_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang masih terdapatnya kinerja karyawan Rocky Plaza Hotel Padang dalam kategori buruk sebesar 52.30 %, banyaknya karyawan yang tidak berlatar belakang perhotelan sehingga tidak sepenuhnya mengerti tentang sistem operasional hotel, belum semua karyawan memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidangnya dan kurang disiplinnya karyawan pada saat jam bekerja.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif komperatif dengan pendekatan variabel tunggal dengan dua indikator yaitu x1 kinerja karyawan berkompetensi dan x2 kinerja karyawan tidak berkompetensi di Rocky Plaza Hotel Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan kontrak dan karyawan tetap di Rocky Plaza Hotel Padang dengan menggunakan teknik pengambilan total sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini adalah data performance review mengenai penilaian kinerja karyawan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kinerja karyawan secara keseluruhan berada pada kategori Poor (52%), (2) Kinerja karyawan bersertifikat kompetensi berada pada kategori Good (65%), (3) Kinerja karyawan tidak bersertifikat kompetensi berada pada kategori Poor (65%), (4) Perbandingan kinerja karyawan bersertifikat kompetensi dan yang tidak bersertifikat kompetensi menunjukan bahwa karyawan bersertifikat kompetensi dengan persentase tertinggi berada pada kategori Good (65%) kategori Very Good (35%). Sebaliknya karyawan yang tidak bersertifikat kompetensi dengan persentase tertinggi hanya pada kategori Poor (100%). Dengan demikian karyawan yang bersertifikat kompetensi memiliki kinerja yang cenderung lebih baik dibandingkan dengan kinerja karyawan yang tidak bersertifikat kompetensi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality
Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:18
Last Modified: 16 Sep 2025 05:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24398

Actions (login required)

View Item
View Item