Penerapan Pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari; Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 2 Tanjung Baru Tanah Datar

Fajriwati, Heva (2011) Penerapan Pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari; Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 2 Tanjung Baru Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HEVA_FAJRIWATI_46657_1511_2011.pdf] Text
final_B1_HEVA_FAJRIWATI_46657_1511_2011.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian kualitatif dengan metode eksperimen. Oleh sebab itu, peneliti mengambil sampel penelitian pada dua kelas yaitu Kelas VIII-1 dan VIII-3 dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 38 orang dari keseluruhan populasi yang berjumlah 4 kelas dengan 155 orang siswa. Instrumen peneltian menggunakan tes hasil belajar yang diberikan dalam bentuk post-test, dengan kriteria pertanya bidang pengetahuan dan keterampilan tari pada pokok bahasan Tari Berpasangan Daerah Setempat pada Tari Bersuka Ria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 yang disebut dengan Kelas Eksperimen dan diberi perlakukan dengan pembelajaran tari berbantuan media audiovisual (dengan bantuan TV dan VCD) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa kelas VIII-3 yang disebut dengan Kelas Kontrol dan diberi perlakukan dengan pembelajaran tari secara konvensional. Perbedaan hasil belajar ini secara hitungan manual dapat ditunjukkan oleh perrbedaan nilai rata-rata post-test, di mana kelas nilai rata post-test kelas eksperimen adalah 83,50 dengan variansi 1,098 yang lebih tinggi dari nilai ratarata kelas kontrol yaitu 79,84 dengan variansi 0,768. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah perbedaan rata-rata ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar tari yang signifikan (berarti), maka penelitian ini perlu melakukan uji hipotesis dengan formula uji-t (t-test) untuk mengukur nilai signifikansi rata-rata hasil belajar dari data post-test antara kelas ekpsperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji-t diketahui bahwa pada taraf signifikansi 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1 = 38 – 1 = 37 diketahui hasil t adalah 2,750 ternyata lebih tinggi dari t hitung > t tabel maka H 0 ditolak dan H tabel 1 hitung yaitu 2,731. Dengan hasil uji-t yang menunjukkan t diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar pembelajaran tari pada siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran tari berbantuan media memang memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar tari dengan menggunakan cara konvensional. Sehingga dapat disarankan kepadaguru disekolah untuk dapat mengembangkan metode pembelajaran tari khususnya pada pembelajaran tari, sehingga dengan pembelajaran berbantuan media audiovisual misalnya dapat meningkatkan hasil belajar tari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari,Media Audiovisual,Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:19
Last Modified: 16 Sep 2025 06:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24394

Actions (login required)

View Item
View Item