Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA N 3 Pariaman

Yeni, Weni Zulfitri (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA N 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WENI_ZULFITRI_YENI_89336_3274_2012.pdf] Text
B1_4_WENI_ZULFITRI_YENI_89336_3274_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar sosiologi siswa disebabkan oleh banyak faktor.
Diantaranya adalah kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Pemberian
pengajaran aktif tipe everyone is a teacher here diharapkan dapat meningkatkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi dan meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar sosiologi
siswa kelas XI IS SMA Negeri 3 Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 3 Pariaman. Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini adalah random sampling karena dilihat dari nilai UH 1 siswa
yang relatif sama, dan didapatkan kelas XI IS5 sebagai kelas eksperimen (43
siswa) dan kelas XI IS.2 sebagai kelas kontrol (43 siswa). Data yang diambil
dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dari kedua kelas sampel
yang terpilih. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
uji t.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan bahwa uji t di
lakukan untuk skor tes dasar materi konflik sosial yaitu pengertian, faktor
penyebab, bentuk, dampak,kekerasan, teori kekerasan, cara pengendalian,
integrasi, bentuk integrasi dan faktor pendorong integrasi. Pada konsep dasar
pengertian di peroleh thitung 2,7dan ttabel 1,67 pada konsep dasar faktor penyebab di
peroleh thitung 3,02 dan ttabel 1,67 pada konsep dasar bentuk di peroleh thitung 4,15
dan ttabel 1,67 pada konsep dasar dampak di peroleh thitung 2,3 dan ttabel 1,67 pada
konsep dasar kekerasan di peroleh thitung 2,58 dan ttabel 1,67 pada konsep dasar teori
di peroleh thitung 2,77 dan ttabel 1,67 pada konsep dasar kekerasan di peroleh thitung
2,58 dan ttabel 1,67 pada konsep dasar integrasi di peroleh thitung 3,81 dan ttabel 1,67
pada konsep dasar bentuk integrasi di peroleh thitung 2,51 dan ttabel 1,67 pada
konsep dasar faktor pendorong di peroleh thitung 4,8 dan ttabel 1,67 hal ini berarti
penerapan pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here cocok di gunakan
pada konsep dasar materi. Hasil pengujian hipotesis terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar sosiologi antara proses pembelajaran aktif tipe
Everyone is a Teacher Here dengan proses pembelajaran yang tidak menerapkan
pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here yaitu sebesar 8.09 untuk kelas
eksperimen dan 5,6 untuk kelas kontrol. Pengolahan data tes di lakukan dengan
menggunakan uji t sebesar ttabel 1,67 < thitung 4,61. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher
Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran Aktif
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:17
Last Modified: 16 Sep 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item
View Item