Pengembangan Media Game Labirin (Maze) Menggunakan Adobe Flash CS6 Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD

Latuna, Fauzil (2018) Pengembangan Media Game Labirin (Maze) Menggunakan Adobe Flash CS6 Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAUZIL_LATUNA_1304742_5249_2018.pdf] Text
B1_03_FAUZIL_LATUNA_1304742_5249_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan media game ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, dimana siswa kurang antusias terhadap pembelajaran yang diberikan mengingat mata pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Media pembelajaran dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kelayakan pengembangan media game labirin (maze) pada mata pelajaran Matematika kelas V SD melalui uji validitas dengan beberapa ahli (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran game labirin (maze) pada mata pelajaran Matematika kelas V SD melalui praktikalitas pada siswa.
Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media dan 1 orang validitas materi, sedangkan jumlah subjek penelitian 20 orang siswa SDN 29 Batang Anai. Alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat Bagus” sehingga materi dinyatakan sudah lengkap untuk dikembangkan, hasil validasi media setelah melalui dua tahap validasi diperoleh nilai akhir “Sangat Bagus”, sehingga media dikategorikan valid untuk diujicobakan. Dapat disimpulkan media pembelajaran game labirin (maze) layak diujicobakan. Selanjutnya hasil dari kepraktisan media setelah uji coba kepada 20 orang responden siswa kelas V SDN 29 Batang Anai diperoleh nilai “Sangat Praktis”, sehingga dapat disimpulkan media ini praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:15
Last Modified: 16 Sep 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24379

Actions (login required)

View Item
View Item