Yoslia, Weni (2013) Hubungan Ketersediaan Sumber Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Kelas X di SMA N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WENI_YOSLIA_84798_847_2013.pdf [thumbnail of B1_4_WENI_YOSLIA_84798_847_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WENI_YOSLIA_84798_847_2013.pdf
Download (722kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mid semester 1 siswa
kelas X tahun ajaran 2012/2013, tidak ada seorang pun siswa yang meraih nilai
tuntas pada mata pelajaran sosiologi, nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum)
kelas X di SMA N 4 Padang adalah 76. Hal ini diduga oleh beberapa faktor, salah
satu faktor penyebabnya adalah ketersediaan sumber belajar yang dimiliki siswa.
Minimnya ketersediaan sumber belajar yang dimiliki siswa diduga mengakibatkan
rendahnya hasil belajar sosiologi. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna
mengkaji hubungan ketersediaan sumber belajar siswa dengan hasil belajar
sosiologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketersediaan
sumber belajar siswa dengan hasil belajar sosiologi kelas X di SMA N 4 Padang.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas X SMA N 4 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2012/2013. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional random sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulam data adalah
metode kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors dan uji hipotesis
dengan rumus korelasi product moment
Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara kelengkapan buku,
tempat atau lingkungan belajar, ketersediaan bahan, keberadaan manusia, serta
peristiwa dan fakta disekitar siswa dengan hasil belajar sosiologi. Dari hasil uji
hipotesis untuk melihat hubungan antara setiap indikator ketersediaan sumber
belajar siswa dengan hasil belajar sosiologi dapat dilihat bahwa setiap indikator
ketersediaan sumber belajar siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar
sosiologi. Hasil uji hipotesis dengan rumus product-moment diperoleh nilai rhitung
0,288 sedangkan nilai rtabel 0,263, hal ini berarti terdapat hubungan antara
ketersediaan sumber belajar siswa dengan hasil belajar sosiologi. Jadi, untuk
mendapatkan hasil belajar yang baik, diharapkan siswa bisa menyediakan sumber
belajar yang dibutuhkan serta dapat memanfaatkan dengan baik semua sumber
belajar yang dimilikinya sehingga siswa bisa lebih mudah memahami materi
sosiologi. Semakin banyak sumber belajar yang digunakan maka semakin baik hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketersediaan Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24378 |