Pengaruh Pendekatan Heuristik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh

Robby, Illahi (2012) Pengaruh Pendekatan Heuristik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ILLAHI ROBBY-00298.pdf] Text
final_B1_ILLAHI ROBBY-00298.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh disebabkan oleh banyak faktor diantaranya kurangnya penguasaan konsep Biologi oleh siswa. Pembelajaran Biologi masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan proses pembelajaran di kelas pada umumnya terpusat pada guru sehingga, hasil belajar rendah. Salah satu usaha yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Heuristik . Pendekatan Heuristik menekankan kepada proses mencari dan menemukan sendiri konsep dari materi pelajaran. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Heuristik terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Payakumbuh yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA.4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk objektif yang dilaksanakan diakhir penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan kriteria jika t hitung > t maka hipotesis diterima dan sebaliknya. tabel Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 73,86 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol 64,10. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan harga t hitung = 4,54 > harga t = 1,69 pada tingkat kepercayaan 95% ( 0,05), maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan Heuristik dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Heuristik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:16
Last Modified: 16 Sep 2025 06:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item
View Item