Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas IX SMP

Hervi, Fauziah (2021) Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAUZIAH_HERVI_17031014_2953_2021.pdf] Text
B1_03_FAUZIAH_HERVI_17031014_2953_2021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada kondisi pandemi Covid-19, pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Sehingga dibutuhkan komponen-komponen pembelajaran seperti e-modul, yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran daring. Selain itu dalam Kurikulum 2013 guru dituntut untuk mengutamakan aspek spiritual dan aspek sosial. Selama ini pendidikan di Indonesia masih mengutamakan penguasaan aspek intelektual saja. Hal ini menjadi faktor penyebab menurunnya nilai moral akibat pelaksanaan pendidikan yang hanya mengendalikan kemampuan intelektual. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan e-modul IPA bernuansa ESQ tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik Kelas IX SMP.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahap dari model pengembangan 4-D (four-D models) yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru IPA SMP sebagai validator. Untuk uji praktikalitas terdiri dari 25 orang peserta didik Kelas IX SMP dan 1 orang guru IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validitas dan angket praktikalitas. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa e-modul IPA bernuansa ESQ tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik Kelas IX SMP. Hasil validasi e-modul dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 83,89% dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 95,83%, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 90,16% dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul IPA bernuansa ESQ tentang materi sistem reproduksi pada manusia untuk peserta didik Kelas IX SMP yang dikembangkan telah valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, NUANSA ESQ, SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:15
Last Modified: 16 Sep 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24369

Actions (login required)

View Item
View Item