Hernita, Lenni (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Bermain Peran Menggunakan Pendekatan Konsep terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pokok Sel di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LENNI_HERNITA_73059_159_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LENNI_HERNITA_73059_159_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LENNI_HERNITA_73059_159_2011.pdf
Download (190kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa menuntut guru untuk memilih strategi pembelajaran yang sesuai, apalagi untuk materi pelajaran yang dinilai sulit oleh sebagian besar siswa, seperti materi pokok sel. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran aktif tipe bermain peran dengan menggunakan pendekatan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran aktif tipe bermain peran menggunakan pendekatan konsep berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sel di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang yang terdaftar pada tahun 2010/2011 sebanyak 3 kelas, sedangkan sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group postest only design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal objektif pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis perbedaan dua rata-rata atau uji t. Dari hasil penelitian, didapatkan rata-rata hasil belajar biologi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai tes akhir adalah 67,16, sedangkan pada kelas kontrol 58,26. Dari hasil analisis data menggunakan uji t didapatkan harga t hitung 3,63 dan t 2,00. Dari harga t tersebut terlihat bahwa harga t hitung >t tabel tabel , artinya hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif tipe bermain peran menggunakan pendekatan konsep memberikan pengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sel di SMA Negeri 8 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Aktif Tipe Bermain, Menggunakan Pendekatan Konsep terhadap Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24365 |