Hidayat, Fauzi (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Melakukan Instalasi Local Area Network (LAN) Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FAUZI_HIDAYAT_1307332_491_2016.pdf [thumbnail of B1_03_FAUZI_HIDAYAT_1307332_491_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FAUZI_HIDAYAT_1307332_491_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase
pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil
belajar Melakukan Instalasi LAN siswa kelas X TKJ di SMKN 5 Padang Tahun
Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling
purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X TKJ A menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol adalah X TKJ B
menggunakan model pembelajaran kooperatif. Teknik pengumpulan data dari
nilaipost-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,56,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79,19. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (2,19 >
2,042), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT
memberikan peningkatan hasil belajar yaitu 4,26% dibandingkan dengan model
pembelajaran kooperatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran
kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:33 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24364 |