Slamet, Hari Kresdhianto (2018) Pengaruh Penggunaan CDI Racing Unlimiter terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Langkah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_HARI_KRESDHIANTO_SLAMET_1206426_3575_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_HARI_KRESDHIANTO_SLAMET_1206426_3575_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_HARI_KRESDHIANTO_SLAMET_1206426_3575_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif saat ini semakin pesat, dapat dilihat dari meningkatnya inovasi untuk menyempurnakan produk yang telah ada sebelumnya, hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan pasar dan dapat memberikan produk terbaik bagi konsumen. Seiring dengan hal tersebut dan semakin berkembangnya teknologi dipasaran mulai banyak muncul komponen- komponen aftermarket seperti CDI racing unlimiter. Sehingga mengakibatkan banyak konsumen yang memodifikasi sistem pengapian pada sepeda motor mereka dan mengganti CDI standar dengan CDI racing unlimiter, banyak konsumen yang beranggapan bahwa dengan memodifikasi sistem pengapian CDI standar dengan CDI racing unlimiter yang memiliki batasan pengapian mencapai 20.000 rpm mampu menurunkan konsumsi bahan bakar dan kandungan kadar emisi gas buang pada kendaraan, tanpa mengetahui terlebih dahulu dampak apa yang di akibatkan oleh CDI tersebut terhadap kendaraan. Pengujian dilakukan pada motor Yamaha Jupiter Mx tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata dan persentase peningkatan. Pengujian dilakukan pada tanggal 18-19 April 2018 di labor pengujian kendaraan teknik otomotif, fakultas teknik, Universitas Negeri Padang dengan menggunakan alat Burret/gelas ukur untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan Four gas analizer untuk mengukur kadar emisi gas buang kendaraan, Pengujian dilakukan pada putaran 2000, 4000, dan 5500 rpm dilakukan sebanyak tiga kali disetiap putaran mesin. Pengujian dimulai dari sepeda motor menggunakan CDI standar kemudian dilanjutkan dengan menggunakan CDI racing unlimiter. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penggunaan CDI racing unlimiter hanya dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 3,8% dan kadar emisi gas buang CO sebesar 0,2% serta HC sebesar 22,7% pada kendaraan, dari hasil pengujian dapat terlihat bahwa penggunaan CDI racing unlimiter pada kendaraan tidak menghasilkan pengaruh yang terlalu besar (signifikan) terhadap konsumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang kendaraan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CDI RACING UNLIMITER, KONSUMSI BAHAN BAKAR, KADAR EMISI GAS BUANG, SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:31 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24361 |