Studi Tentang Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika di Kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2010/ 2011

Maulana, Heru (2011) Studi Tentang Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika di Kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HERU MAULANA_83907_2011.pdf] Text
final_B1_HERU MAULANA_83907_2011.pdf

Download (216kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping dapat disebabkan oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga aktifitas siswa dalam hal komunikasi matematis kurang berjalan lancar. Siswa umumnya mengalami kesulitan untuk mengemukakan ide, gagasan atau penyelesaian dari sebuah masalah. Baik itu berupa jawaban ataupun tanggapan terhadap hal yang menurutnya kurang dipahami. Sehingga ide dan gagasan siswa kurang tersalurkan, dan pada akhirnya siswa lebih banyak memilih diam karena takut salah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknik probing yaitu pembelajaran dengan menggunakan teknik bertanya yang sifatnya menggali pengetahuan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping pada pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan idenya secara matematis dan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama penerapan teknik probing dalam pembelajaran matematika kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan The One- Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada semester dua tahun pelajaran 2010/2011. Data kualitatif tentang kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara sedangkan untuk data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan tes akhir belajar. Pengolahan data kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan menentukan persentase peningkatan setiap indikator pada lembar observasi disetiap pertemuan dan juga didukung oleh data dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa secara umum kemampuan komunikasi matematis siswa secara umum mengalami peningkatan dari setiap pertemuan dengan menggunakan teknik probing. Sedangkan untuk hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan teknik probing sudah baik karena 25 orang (75.75%) dari 33 orang siswa kelas X.1 SMAN 1 Lubuk Sikaping sudah mencapai KKM yang sudah ditetapkan SMAN 1 Lubuk Sikaping yaitu 75.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis,Teknik Probing,Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:32
Last Modified: 16 Sep 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item
View Item