Hernofita, Hernofita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Lingkaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di KelasVI SD Negeri 21 Parak Kopi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HERNOFITA_90415_3012_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HERNOFITA_90415_3012_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HERNOFITA_90415_3012_2011.pdf
Download (597kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pembelajaran penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran di kelas VI SD Negeri 21 Parak Kopi Kota Padang, belum memuaskan. Melalui penelitian tindakan kelas ini peneliti mengupayakan peningkatan hasil belajar penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran dengan Contextual Teaching and Learning.Tujuan penelitaian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan langkah-langkah Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini dilaksanakan empat tahap : 1). Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 21 Parak Kopi Kota Padang 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 67,5 kemudian dilakukan lagi pada siklus II dengan rat-rata nilai siswa mencapai 82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning hasil belajar penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran siswa kelas VI meningkat oleh sebab itu disarankan agar guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learningdengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning Diagram Lingkaran Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24350 |