Ismail, Rachmat Putra (2015) Penggunaan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Dikia Mundam di SMA N 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RACHMAT_PUTRA_ISMAIL_00239_2284_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_RACHMAT_PUTRA_ISMAIL_00239_2284_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RACHMAT_PUTRA_ISMAIL_00239_2284_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaraan dikia mundam melalui metode demonstrasi yang diajarkan oleh seniman mundam dan guru bidang studi di SMA Negeri 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam metode ini guru langsung memperagakan secara lisan, yaitu mencontohkan bagaimana cara bermain dikia mundam yang baik dan benar. Dalam hal ini diajarkan bagaimana teknik pengucapan syair nalam adat dan teknik pukulan pola rhytem bermain mundam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada bulan maret 2014 bertempat di SMA Negeri 1 Lintau Buo Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Lima Puluh Kota, didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Melalui metode demonstrasi pembelajaraan dikia mundam dirasakan lebih mudah diserap oleh para siswa. Ini dapat dilihat pada kelas XI yang mendapat pelajaraan dikia mundam dengan metode demonstrasi, lebih 75 % diantara mereka mampu bermain dikia mundam dengan syair dikia nalam adat yang diajarkan. Dari sini dapat diamati bahwa pembelajaraan dikia mundam dengan metode demontrasi merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan agar pembelajaraan dikia mundam dapat berjalan lebih baik menurut semestinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Dikia Mundam |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24348 |