Monalisa, Queen (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction di Kelas V SDN 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_QUEEN_MONALISA_96286_958_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_QUEEN_MONALISA_96286_958_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_QUEEN_MONALISA_96286_958_2014.pdf
Download (398kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa hasil belajar IPA siswa masih rendah. Penyebabnya adalah guru tidak melakukan percobaan dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa tidak mengerti bagaimana prinsip cara kerja pesawat sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) di kelas V SDN 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Instruction. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas V SDN 17 Sungai Pandahan 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah 66,07% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 83,93% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I 65% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 96,25% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, dan pada aspek siswa siklus I 62,5% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 83,75% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus I adalah 64,64% dengan kualifikasi cukup, meningkat siklus II menjadi 80,53% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian model Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Based Instruction |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24346 |