Hidayat, Fauzan (2017) Persepsi Siswa Terhadap ProsesPembelajaran pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FAUZAN_1302173_3894_2017.pdf [thumbnail of B1_03_FAUZAN_1302173_3894_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FAUZAN_1302173_3894_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang terjadi pada
mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban yang
berjalan kurang optimal dan tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap proses pembelajaran mata
pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 28 item pernyataan
yang meliputi indikator metode, media, materi dan evaluasi. Populasi dalam
penelitian ini terdiri dari 76 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan Simple
random sampling dengan jumlah responden 34 siswa orang siswa kelas XI IPS.
Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan
hitungan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan empat hal berikut.
Pertama,tingkat capaian proses pembelajaran dari indikator metode pembelajaran
diperoleh persentase 72,97% kategori baik. Kedua,tingkat capaian proses
pembelajaran dari indikator media pembelajaran diperoleh persentase 83,73%
kategori baik. Ketiga,tingkat capaian proses pembelajaran dari indikator materi
pembelajaran diperoleh persentase 59,06% kategori cukup baik. Keempat, tingkat
capaian proses pembelajaran dari indikator evaluasi pembelajaran diperoleh
persentase 81,86% kategori baik. Secara keseluruhan hasil penelitian ini telah
menggambarkan proses pembelajaran yang cukup baik pada mata pelajaran
PPKn. Akan tetapi masih perlu peningkatan oleh guru PPKn untuk lebih
meningkatkan kompetensinya terhadap penggunaan metode, media, materi, dan
evaluasi dalam tercapainya pembelajaran PPKn yang efektif, kreatif, inovatif dan
interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:13 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24338 |