Utami, Fatma (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kartu Permainan Bio-Karuta untuk Materi Virus di SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FATWA_UTAMI_1301455_1367_2018.pdf [thumbnail of B1_03_FATWA_UTAMI_1301455_1367_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FATWA_UTAMI_1301455_1367_2018.pdf
Download (8MB)
Abstract
Peserta didik kurang berminat untuk mengingat kembali dan memantapkan pemahaman terhadap pelajaran yang telah dipelajari membuat belum tercapainya ketuntasan klasikal pada materi virus di kelas X di SMA. Hal ini karena belum tersedianya media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memantapkan pemahaman konsep, menumbuhkan motivasi dan meningkatkan partisipasi aktif. Oleh karena itu, dalam pembelajaran virus dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memantapkan pemahaman konsep, menumbuhkan motivasi dan meningkatkan partisipasi aktif, sehingga dapat membantu peserta didik meningkatkan kualitas pembelajaran.Berdasarkan hal tersebutakan dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa Bio-karuta untuk materi virus yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4D model yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 4 orang validator, 2 orang guru untuk praktikalitas dan 25 orang peserta didik kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Penelitian yang digunakan yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa kartu permainan bio-karuta pada materi virus yang memiliki nilai validitas sebesar 0.86 dengan kriteria sangat valid dan nilai praktikalitas oleh guru sebesar 0.89 dengan kriteria sangat praktis serta nilai praktikalitas oleh peserta didik sebesar 0.78 dengan kriteria praktis. Dengan demikian media yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan peserta didik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:08 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24337 |