Wendy, Erste Sohn Chandra (2014) Peningkatan Kemampuan Sains Biologi Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Lingkungan di TK Istiqamah Surau Kamba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WENDY_ ERSTE_SOHN_CHANDRA_58782_202_2014.pdf [thumbnail of B1_4_WENDY_ ERSTE_SOHN_CHANDRA_58782_202_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WENDY_ ERSTE_SOHN_CHANDRA_58782_202_2014.pdf
Download (596kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan terhadap kemampuan
sains biologi anak pada semester I tahun pelajaran 2013-2014.Hasil pengamatan
terhadap kemampuan sains anak di kelompok B2 TK Istiqamah Surau Kamba Ampek
Angkek masih terlihat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan sains anak dalam 3 aspek yaitu 1) mengklasifikasikan tanaman menurut
jenisnya2) mengetahui perkembangan tanaman dan 3) mengenal sebab akibat tentang
merawat tanaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian anak kelompok B2 TK Istiqamah Surau Kamba Ampek Angkek yang
berjumlah20 orang dan setting penelitian selama 2 bulan, yang dimulai pada awal
November s/d Desember 2013. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat
tahapan, dengan tindakan yang berbeda pada masing-masing siklus.Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, dengan alat pengumpul data pedoman
observasi.Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis
lingkungan dapat meningkatkan kemampuan sains biologi anak dengan sangat baik.
Dari aspek yang diamati dalam materi pembelajaran sains dalam 3 aspek yaitu
1) mengklasifikasikan tanaman menurut jenisnya2) mengetahui perkembangan
tanaman dan 3) mengenal sebab akibat tentang merawat tanaman.Hasil pengolahan
data menunjukan hamper semua anak memiliki kemampuan sains dengan kategori
pencapaian sangat mampu,yaitu lebih dari separoh anak yang memiliki kemampuan
sangat baik.Maka disarankan kepada pendidik dan pengelola PAUD untuk dapat
menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis lingkungan dalam pengembangan
sains anak dan yang lainya.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:23 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24320 |