Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA.

Rahmi, Uswinda Fajri (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_USWINDA_FAJRI_RAHMI_12826_5403_2013.pdf] Text
final_B1_7_USWINDA_FAJRI_RAHMI_12826_5403_2013.pdf

Download (959kB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari aktifitas belajarnya.Siswa dengan motivasi belajar yang rendah cenderung menjadi penerimainformasi yang pasif, karena siswa lebih mengandalkan guru dalam menerimainformasi. Hal ini menyebabkan sulitnya mengetahui sejauh mana pemahamansiswa tentang materi yang telah dipelajari. Proses pembelajaran tersebutberdampak terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Salah satu carayang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah denganpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Modelpembelajaran ini merupakan salah satu reviewing strategy (strategi pengulangan).Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa padamateri hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalaheksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group PosttestOnly Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padangtahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak dengan teknik RandomSampling dan terplih kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 sebagaikelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 20 buah yangtelah diujicobakan. Dari analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimenyang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memperolehnilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,53 dan kelas kontrol dengan pembelajarankonvensional memperoleh nilai 65,29. Uji normalitas dan uji homogenitas teshasil belajar kedua sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusinormal dan memiliki varians yang homogen. Setelah dilakukan uji-t pada tarafnyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 66 diperoleh thitung 2,551 danttabel 1,67. Hal ini berarti hipotesis H1 atau hipotesis penelitian diterima, sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajarkimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make amatch pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR, HIDROKARBON
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:21
Last Modified: 16 Sep 2025 00:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24313

Actions (login required)

View Item
View Item