Putra, Jhoni (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X MIA SMAN 8 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JHONI_PUTRA_1106224_1106224_1687_2016.pdf [thumbnail of B1_01_JHONI_PUTRA_1106224_1106224_1687_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JHONI_PUTRA_1106224_1106224_1687_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa untuk memahami konsep, situasi dan fakta yang diketahui, serta dapat menjelaskan dengan bahasanya sendiri dan sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya tanpa mengubah arti. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIA SMAN 8 Padang belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa. Disamping itu, siswa juga kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Setiap tahap dari model Think Talk Write akan menuntun siswa secara aktif untuk menemukan dan memahami konsep matematika dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Think Talk Write lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMAN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 8 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 184 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas X MIA-4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,001 dengan . Karena P-value < , maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMAN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:41 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2431 |