Padma, Putri Setia (2013) Peningkatan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Cooperative Learning Tipe Think, Pair and Share (TPS) Di kelas V SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_PUTRI_SETIA_PADMA_96241_6621_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_PUTRI_SETIA_PADMA_96241_6621_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_PUTRI_SETIA_PADMA_96241_6621_2013.pdf
Download (765kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 05 Bandar Buat. Guru masih menggunakan pendekatan konvensional, serta tidak menggali kemampuan siswa untuk berfikir kritis, kreatif, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model cooperative learning tipe Think, Pair and Share (TPS) di kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn dengan model Cooperative Learning tipe Think, Pair and Share (TPS) di kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 05 Bandar Buat Kota Padang berjumlah 32 orang. Prosedur penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada masing-masing siklus 2 kali pertemuan Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah 76,78%, pada siklus II meningkat menjadi 92,85%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I 76,56% meningkat menjadi 93,74% pada siklus II, dan pada aspek siswa siklus I 70,31% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I 75,38 meningkat menjadi 84,99 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model cooperative learning tipe Think, Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model Cooperative Learning Tipe Think, Pair and Share (TPS) |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24309 |