Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Perbandingan Dua Besaran Berbeda di Kelas V SD Gugus II Bunga Pasang.

Rahmah, Putri Raudhatul (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Perbandingan Dua Besaran Berbeda di Kelas V SD Gugus II Bunga Pasang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUTRI_RAUDHATUL_RAHMAH_16129093_3737_2020.pdf] Text
final_B1_6_PUTRI_RAUDHATUL_RAHMAH_16129093_3737_2020.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika yang belum dikaitkan dengan masalah sehari-hari peserta didik dan belum memfasilitasi peserta didik secara aktif untuk menggunakan berbagai kemampuannya baik kemampuan berpikir maupun kemampuan memecahkan masalah. Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada materi perbandingan dua besaran berbeda di kelas V SD Gugus II Bunga Pasang? Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Gugus II Bunga Pasang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang kemudian diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 22 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 22 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 22 + 22 – 2 = 42 diperoleh t hitung vii sebesar 2,27 dan t tabel sebesar 1,68195. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (2,27> 1,68195). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa H a diterima, yaitu terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada materi perbandingan dua besaran berbeda di kelas V SD Gugus II Bunga Pasang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:20
Last Modified: 16 Sep 2025 07:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item
View Item