Amsa, Herlina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op Dalam Pembelajarann IPS di Kelas V SDN 48 Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HERLINA_AMSA_07641_2010.pdf [thumbnail of final_B1_HERLINA_AMSA_07641_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HERLINA_AMSA_07641_2010.pdf
Download (188kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS
sering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar, padahal banyak model-model
pembelajaran yang bisa di terapkan, salah satunya adalah model pembelajaran
cooperative learning tipe co-op co-op. Penggunaan model ini bertujuan untuk
lebih meningkatkan hasil pembelajaran lebih menarik bagi siswa, serta lebih
meningkatkan rasa kebersamaan di antara siswa, karena salah satu tujuan model
cooperative learning adalah meningkatkan kinerja serta kemampuan siswa untuk
bekerja sama dan berkolaborasi.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang berkenaan dengan
perbaikan atau peningkatan yang berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan
proses pembelajaran pada suatu kelas. Karena itu, di gunakan model pembelajaran
cooperative learning tipe co-op co-op ini, untuk dapat melihat peningkatan hasil
belajar subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Kuranji yang terdaftar
pada tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data adalah kualitatif yaitu
dengan menggunakan pengamatan dan memberikan soal evaluasi kepada siswa.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa belajar siswa meningkat dengan
menggunakan model cooperative learning tipe co-op co-op. Hal ini terlihat
dengan membandingkan skor dasar siswa, yaitu nilai murid siswa pada semester I
tahun ajaran 2009/2010, yaitu dari 6,2 meningkat menjadi 6,4 pada siklus I,
namun masih belum bisa dikatakan berhasil, karena masih jauh dari standar BNSP
yaitu 7,5 sehingga berlanjut pada silklus II dan meningkat menjadi 8,1. Dengan
demikian disarankan agar guru kelas V SDN 48 Kuranji dalam pembelajaran IPS
menggunakan model cooperative learning tipe co-op co-op.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Cooperative Learning tipe co-op co-op. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:12 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24287 |