Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 17 Batu Gadang Kec Lubuk Kilangan Kota Padang

Nursyamza, Nursyamza (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 17 Batu Gadang Kec Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NURSYAMZA_50672_1330_2014.pdf] Text
final_B1_6_NURSYAMZA_50672_1330_2014.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan proses pembelajaran berpusat pada guru dan jarang melakukan percobaan sehingga hasil belajar IPA di kelas IV SDN 17 Batu Gadang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen di kelas IV SDN 17 Batu Gadang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2012 di SDN 17 Batu Gadang, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, hasil tes, dan catatan lapangan. Hasil pengamatan RPP pada siklus I diperoleh 73.2% (cukup) siklus II 87.5% (sangat baik). Pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh 68.2% (cukup) meningkat menjadi 82.9% (baik) pada siklus II, dan pengamatan aspek siswa pada siklus I diperoleh 67.1% (cukup) meningkat menjadi 83.7% (baik). Serta hasil belajar pada siklus I 67.9 (cukup) meningkat menjadi 80.9 (baik) pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 17 Batu Gadang Kec Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:18
Last Modified: 15 Sep 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item
View Item