Peningkatan Hasil Belajar Soal-Soal Cerita dengan Metode Bermain di Kelas II SD Negeri No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Herlina, Herlina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Soal-Soal Cerita dengan Metode Bermain di Kelas II SD Negeri No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HERLINA_90291-2011.pdf] Text
final_B1_HERLINA_90291-2011.pdf

Download (154kB)

Abstract

Herlina (2011): Peningkatan Hasil Belajar Soal-soal Cerita Dengan Metode Bermain Di Kelas II SDN No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika, guru dituntut untuk menemukan cara yang mudah dimengerti siswa. untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penjumlahan pengukuran waktu bagi siswa kelas II SDN No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung. Metode bermain adalah suatu cara yang digunakan dalam melakukan kegiatan untuk menjelaskan konsep abstrak dalam matematika yang lebih menyenangkan (mencegah ketakutan siswa terhadap pelajaran matematika). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2010/2011 di SDN No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung, dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan dalam lima tahap, yaitu : (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) pengamatan, (5) refleksi. Pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pengukuran waktu menggunakan metode bermain terdiri dari lima tahap/langkah, yaitu : (1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, (2) pemerolehan pengetahuan baru, (3) pemahaman pengetahuan, (4) menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, (5) refleksi. Setelah dilakukan penelitian terungkap bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran penjumlahan pengukuran waktu bagi siswa kelas II SDN No. 04 Gaung Kecamatan Lubuk Begalung. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata nilai 32.66, pertemuan 2 dengan rata-rata nilai 79.3. Pada siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata nilai 86.67 dan pertemuan 2 dengan rata-rata nilai 91.33.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Metode Bermain
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:12
Last Modified: 16 Sep 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24280

Actions (login required)

View Item
View Item