Herlina, Herlina (2011) Pengaruh Penggunaan Model Student Active Learning Tipe Sort Card Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMA N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HERLINA_68150_1276_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HERLINA_68150_1276_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HERLINA_68150_1276_2011.pdf
Download (822kB)
Abstract
HERLINA. 2005/68150 “Pengaruh Penggunaan Model Student Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 13 Padang”. Skripsi: Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang 2011. 1) Dr. H Buchari Nurdin M. Si 2) Ike Sylvia, S. IP, M. Si Proses pembelajaran Sosiologi di SMA N 13 Padang masih berpusat satu arah sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran, siswa enggan untuk bertanya dan tidak mampu mengungkapakan ide atau gagasan dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman menginterpretasi konsep dalam pembelajaran Sosiologi. Salah satu tipe pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar adalah pembelajaran tipe Card Sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran model Card Sort terhadap hasil belajar Sosiologi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Formula Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 13 Padang. Pengambilan sampel dengan memakai teknik Random Sampling, sebagai kelas kontrol adalah kelas X 2 dan kelas eksperimen X . Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh hasil belajar Sosiologi siswa dengan menggunakan pembelajaran tipe Card Sort dalam melihat kemampuan menginterpretasikan siswa terhadap konsepkonsep yang ada dalam materi Sosiologi yaitu interaksi sosial. 1 Rata-rata hasil belajar Sosiologi kelas eksperimen adalah 20,08, sedangkan rata-rata hasil belajar Sosiologi kelas kontrol adalah 14,45, pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t = 7,92 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df = 66, sedangkan t tabel = 2.00 karena t maka hipotesis nol (H 0 ) ditolak dan H diterima. Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran model Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa. Rata-rata hasil belajar setiap indikator interpretasi yaitu indikator menjelaskan t i hitung 3,91 sedangkan t 2.00, t hitung >t tabel artinya terdapat perbedaan antara pembelajaran konvensional (ceramah dan Tanya jawab) dan tipe Card Sort. Sedangkan untuk indikator menarik kesimpulan t hitung 8,82 dan indikator menemukan kembali t 6,74 sedangkan t tabel = 2.00. maka t tabel < t hitung hitung hitung tabel artinya terdapat perbedaan dalam pembelajaran dengan menggunakan tipe Card Sort dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran,Student Active Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:11 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24278 |