Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Sistem Kemudi,Rem,Suspensi Otomotif(KRSO) Kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang

Paranto, Heri (2011) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Sistem Kemudi,Rem,Suspensi Otomotif(KRSO) Kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HERI_PARANTO_76774_991_2011.pdf] Text
final_B1_HERI_PARANTO_76774_991_2011.pdf

Download (325kB)

Abstract

Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Kemudi, Rem, Suspensi, Otomotif (KRSO) Kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan Masalah yang ditemui dilapangan masih rendahnya hasil belajar siswa kelas XI otomotif program teknik kendaraan ringan di SMK N I Padang, salah satu yang menyebabkan menurun hasil belajar siswa kelas XI Otomotif program teknik kendaraan ringan di SMK Negeri I Padang adalah motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI otomotif program teknik kendaraan ringan SMK Negeri I Padang. Jenis penelitian adalah exs post pasto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Otomotif teknik kendaraan ringan yang mengikuti mata pelajaran sistem kemudim rem, suspensi (KRSO) di SMK Negeri I Padang sebanyak 85 orang Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 48 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan Skala Likert Teknik analisis data menggunakan korelasi produck moment. Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata Diklat KRSO masih kurang dari (KKM) yang telah ditentukan di sekolah yaitu 70 sedangkan dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa 69,87, Hipotesis yang diajukan dalam penelitan ini Ha diterima dan Ho ditolak karena terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat KRSO karena rhitung>rtabel (0,484>0,284), Hasil analisis r 2 menunjukan bahwa 23,4% variabel motivasi memberikan sumbangan terhadap hasil belajar mata diklat KRSO siswa kelas XI di SMK Negeri I Padang. Sedangkan sisanya ,76,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar,Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:59
Last Modified: 15 Sep 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24272

Actions (login required)

View Item
View Item