Firaina, Radha (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dengan Model Pembelajaran Cooperative Type Group Investigation terhadap Kompetensi Belajar Fisika Siswa Kelals X MIA SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Radha_Firaina_15033119_1130_2019.pdf [thumbnail of B1_05_Radha_Firaina_15033119_1130_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Radha_Firaina_15033119_1130_2019.pdf
Download (9MB)
Abstract
Pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Hasil penyebaran angket pada beberapa SMA di Kota Padang menunjukkan pelaksanaan kegiatan praktikum dan penggunaan LKS di sekolah belum optimal sehingga tidak mampu memberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi
siswa. Hal ini disebabkan kurang lengkapnya peralatan laboratorium untuk melaksanakan praktikum nyata. Akan tetapi, fasilitas di SMA Adabiah Padang cukup memadai untuk kegiatan praktikum secara virtual. Salah satu solusi yakni
dengan menerapkan LKS virtual laboratory dan didukung pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki besar pengaruh penerapan LKS virtual laboratory
dengan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap kompetensi belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment
Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang memiliki kemampuan awal sama. Instrumen pengambilan data pada kompetensi sikap menggunakan lembar observasi, kompetensi pengetahuan dengan
tes, sedangkan kompetensi keterampilan dengan lembar unjuk kerja yang dilengkapi rubrik penskoran. Data yang diperoleh untuk ketiga kompetensi dianalisis menggunakan statistik uji t. Untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan dilanjutkan dengan analisis regresi dan korelasi setelah memenuhi
persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type
group investigation terhadap kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan belajar fisika siswa pada taraf nyata 0,05; dan hasil analisis korelasi
product moment pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan secara berturutturut sebesar 34,44 % dan 20,66 %. Namun, penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type group investigation tidak
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi sikap siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24268 |