Sugiarta, Heri (2010) Hubungan Motivasi Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif OPKR 10-006B Siswa Kelas X Program Studi Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HERI SUGIARTO-94182=2012.pdf [thumbnail of final_B1_HERI SUGIARTO-94182=2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HERI SUGIARTO-94182=2012.pdf
Download (213kB)
Abstract
Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif OPKR 10-006B Siswa Kelas X Program Studi Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Motivasi adalah suatu proses dimana kebutuhan-kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ke tercapainya tujuan tertentu. Berbagai hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar, salah satunya adalah motivasi itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa pada mata diklat produktif OPKR 10-006B (Pengelasan, Pematrian, dan Pemotongan), (X) dan bagaimana hasil belajarnya (Y) serta untuk mengetahui bagaimana hubungan keduanya. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik otomotif SMK N 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2009-2010, sedangkan batasan masalah adalah motivasi siswa terhadap hasil belajarnya pada mata diklat pengelasan, pematrian, dan pemotongan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan nilai hasil belajar. Instrumen ditujukan kepada 60 orang siswa dan 28 siswa atau 30 % dari 105 total populasi dijadikan sampel uji coba. Pengujian normalitas distribusi data Variabel motivasi siswa (X) dan Variabel hasil belajar (Y) dipergunakan teknik formula Liliefors. Berdasarkan hasil pengujian dengan formula Liliefors diperoleh L hitung < L tabel , pada taraf α untuk kedua Variabel penelitian (lampiran 9, hal:78,79, dan 80). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua variabel berdistribusi normal. (0,01), (0,05) Berdasarkan pengolahan data secara manual diperoleh koofesien korelasi (r) sebesar 0,830 untuk menentukan taraf signifikasi hubungan antara Motivasi siswa dengan hasil belajarnya adalah dengan cara membandingkan dengan r untuk n= 60 α= 0,05 adalah 0,254 Suharsimi (2002:328) Setelah dibandingkan ternyata (r) lebih besar dari r pada taraf signifikansi 95%, dengan derajat kebebasan (db = n – 2) 58. Pada penelitian ini hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat Produktif OPKR 10-006B pada taraf kepercayaan 95 %” dapat diterima. tabel Untuk menentukan besarnya kontribusi Motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata diklat produktif OPKR 10-006B di SMK N. 1 Lembah melintang di gunakan rumus koefisien korelasi dengan cara mengkuadratkan hasil koefisien korelasi (r) KP = r 2 x 100%. Dari perhitungan didapatkan perhitungan koefisien determinasi sebesar 68,89 % yang artinya besarnya kontribusi Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 68,89 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar,Mata Diklat Produktif OPKR 10-006B |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24267 |