Pengaruh Latihan Berjalan di Atas Balok Kayu Terhadap Keseimbangan Dinamis Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak

Wedi S, Wedi S (2014) Pengaruh Latihan Berjalan di Atas Balok Kayu Terhadap Keseimbangan Dinamis Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WEDI_S_14395_656_2014.pdf] Text
B1_4_WEDI_S_14395_656_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan Keseimbangan Dinamis
Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak belum begitu baik, karena rendahnya
hasil tes kemampuan keseimbangan dinamis siswa sekolah dasar negeri 02
Sarilamak. Banyak latihan yang dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan
dinamis tersebut, diantaranya adalah latihan berjalan di atas balok kayu. Untuk itu
perlu dilakukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adakah
Pengaruh Latihan Berjalan Di Atas Balok Kayu Terhadap Keseimbangan Dinamis
Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment). Penelitian
ini dimulai pada tanggal 26 Agustus 2013 sampai dengan tanggal 05 Oktober
2013. Adapun tempat penelitian adalah di Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak.
Populasi penelitian berjumlah 30 orang, teknik pengambilan sampel diambil
dengan total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Data tes
diambil dengan tes keseimbangan. Teknik analisis data yaitu dengan rumus Uji T.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Latihan berjalan di atas balok
kayu memberi pengaruh terhadap keseimbangan dinamis siswa Sekolah Dasar
Negeri 02 Sarilamak. Pengaruh ini sebesar 9,13, yaitu dari skor rata-rata 18,47
pada pre test menjadi 27,60 pada post test.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Dinamis Siswa
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:59
Last Modified: 15 Sep 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item
View Item