Yuhandi, Doni (2015) Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP N 26 Padang: Suatu Studi Kasus. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DONI_YUHANDI_54778_613_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_DONI_YUHANDI_54778_613_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DONI_YUHANDI_54778_613_2015.pdf
Download (939kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Seni Budaya
(Musik) di SMP N 26 Padang: Suatu Studi Kasus. Penelitian ini digolongkan pada
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data
dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah pelajaran
seni budaya bidang seni musik di kelas VIII 2. Jenis data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung
dari nada sumber yang didapat, a) pengamatan langsung pada proses belajar
mengajar dengan topik seni musik, b) wawancara dengan guru mata pelajaran seni
budaya.
Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya, maka
dapat diambil kesimpulan, yaitu: 1) guru dalam menentukan dan merumuskan
tujuan pembelajaran serta penyenggaraan pembelajaran seni musik belum
sepenuhnya memperhatikan RPP. Ini terbukti dari hasil observasi dan wawancara,
guru belum mampu merumuskan tujuan pembelajaran dan mengambangkan
dalam bentuk program pembelajaran. 2) materi yang dipilih dalam pembelajaran
seni musik dianggap belum baik, karena materi yang diberikan belum sepenuhnya
memotivasi siswa agar mengeluarkan bakat yang ada pada dirinya melalui
pembelajaran seni musik. Ini berarti pemilihan materi hendaknya harus lebih
bervariasi sehingga bisa membantu siswa dalam berkreativitas didalam kelas. 3)
media yang digunakan guru dalam pembelajaran musik tergolong belum baik,
sesuai dengan hasil penelitian, media yang digunakan dalam pembelajaran musik
belum bisa memotivasi siswa untuk aktif, kreatif dan produktif. 4) metode yang
digunakan guru dalam pembelajaran musik dapat dikatakan belum baik untuk
menentukan ketercapaian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan evaluasi
digunakan belum sepenuhnya memperhatikan tuntutan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24260 |