Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di SMAN 1 Batang Anai

Ramayuta, Silvia (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di SMAN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_SILVIA_RAMAYUTA_86312_1669_2012.pdf] Text
final_B1_8_SILVIA_RAMAYUTA_86312_1669_2012.pdf

Download (798kB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran mengakibatkan
banyak siswa yang belum tuntas. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil
belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair
Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS)
pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian the one shoot case study. Kelas
sampel diambil secara purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X6 sebagai
kelas sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh, siswa yang tuntas pada
pembelajaran tata nama senyawa dan persamaan reaksi adalah sebanyak 65,62%.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif pada pembelajaran tata nama senyawa dan persamaan reaksi belum
dapat menuntaskan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: THINK PAIR SQUARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:58
Last Modified: 15 Sep 2025 09:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24259

Actions (login required)

View Item
View Item