Sari, Putri Nilam (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Putri_Nilam_Sari_17129166_1432_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_Putri_Nilam_Sari_17129166_1432_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Putri_Nilam_Sari_17129166_1432_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni menunjukkan kurang nya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok dan inovatif untuk dapat meningktkan hasil belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Dilaksanakan dua siklus , siklus pertama dua kali pertemuan , siklus ke dua satu kali pertemuan. Hasil pengamatan rancangan pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,16% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi 91,67% dengan kualifikasi SB. Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 85,71% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi SB. Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 83,92% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II diperoleh 92,85% dengan kualifikasi A. Hasil belajar peserta didik pada siklus I di peroleh rata-rata 74% dengan kualifikasi C, meningkat pada siklus II menjadi dengan 86% kualifikasi A. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:56 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24250 |