Peningkatan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas X-2 SMA Negeri 1 Bayang

Kusumawadi, Hera (2011) Peningkatan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas X-2 SMA Negeri 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HERA_KUSUMAWADI_07341_5782_2011.pdf] Text
final_B1_HERA_KUSUMAWADI_07341_5782_2011.pdf

Download (242kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X-2 SMA N 1 Bayang pada mata pelajaran TIK
semester II tahun pembelajaran 2008/2009 hanya memperoleh nilai rata-rata 6,3 di
bawah KKM yaitu 6,5. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah komputer serta
jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu lokal praktek menyebabkan guru
kewalahan dalam mengelola kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Oleh sebab itu penulis mencoba memperbaiki proses dan hasil
pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran
tutor sebaya yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah sebanyak 40
orang siswa terdiri dari 21 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Teknik
pengumpulan data adalah observasi langsung yang dilakukan oleh kalaborator dan
tes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi
aktivitas dan lembaran tes siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh
siswa. Pada siklus I, aktivitas siswa pada kegiatan pendahuluan 68.50%, kegiatan
inti 61,30% dan kegiatan penutup 55,30%. Pada siklus II terdapat peningkatan,
menjadi87,90% pada kegiatan pendahulun, 83.20% pada kegiatan inti dan 75,00%
pada kegiatan penutup. Peningkatan aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatan
hasil belajar siswa. Pada siklus I ke tuntasan hasil belajar klasikal sebesar
70,50%, dan masih terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Pada
siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal
mencapai 87,50%. Dengan tutor sebaya kelas menjadi aktif, keterbatasan
kemampuan siswa untuk mengungkapkan ketidakmengertianya terhadap materi
pelajaran kepada guru dapat dengan mudah disampaikan kepada teman. Jadi dapat
disimpulkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil be

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:54
Last Modified: 15 Sep 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24243

Actions (login required)

View Item
View Item