Gusnelly, Gusnelly (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Proses Membaca Bagi Siswa Kelas V SDN 32 Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSNELLY_90375_1305_2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSNELLY_90375_1305_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSNELLY_90375_1305_2011.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan meningkatkan
kemampuan membaca puisi. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba
meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan membaca puisi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hasil belajar. Pembelajaran yang
digunakan yakni dengan menggunakan proses membaca.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
II siklus, dan setiap siklus ada 3 tahap yaitu langkah persiapan proses membaca,
langkah pelaksanaan proses membaca, dan langkah tindak lanjut proses membaca
dalam kemampuan membaca puisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD
Negeri 32 Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses,
penilaian hasil, format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar
guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik proses membaca dari aspek guru dan
siswa. Jumlah siswa kelas V SD Negeri 32 Kecamatan Padang Timur Kota
Padang adalah 30 orang, jumlah laki-laki 13 orang dan perempuan 17 orang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I, belum terdapat
peningkatan hasil membaca puisi siswa. Setelah dilakukan siklus II, barulah
didapatkan hasil membaca puisi yang memuaskan, terlihat bahwa kemampuan
dalam menentukan jeda, intonasi dan ekspresi sudah tepat sehingga dalam
memaknai isi puisi siswa terlihat lebih mudah. Hasil tes membaca siklus I ratarata
kelas pada tahap prabaca 2,62, rata-rata kelas pada tahap saatbaca 2,62; pada
tahap pascabaca rata-rata kelas 2,70. Sedangkan untuk siklus II yaitu rata-rata
kelas pada tahap prabaca 3,38, rata-rata kelas pada tahap saatbaca 3,59; pada
tahap pascabaca rata-rata kelas 3,44 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan membaca puisi dengan menggunakan proses membaca dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 32 Kecamatan Padang Timur
Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24240 |