Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 01 Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Zulfa, Putri Kemala (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 01 Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUTRI_KEMALA_ZULFA_52325_1532_2016.pdf] Text
final_B1_6_PUTRI_KEMALA_ZULFA_52325_1532_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di SD Negeri 01 Lubuak Batingkok, Kabupaten Lima Puluh Kota bahwa proses pembelajaran IPS masih rendah hal ini disebabkan guru belum mendemontrasikan langkah-langkah pembelajaran dengan benar, pada tahap menumbuhkan guru lebih cebderung menggunakan modode ceramah sehingga hasil tugas siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan proses pembelajaran siswa di kelas VI SDN 01 Lubuak batingkok. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN 01 Lubuak Batingkok, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Lubuak Batingkok, dengan jumlah siswa 12 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, evaluasi (non-tes), dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan peningkatan pada perencanaan yaitu (a) RPP Siklus I diperoleh nilai 82,1 % (B) dan meningkat pada sikuls II dengan nilai 87,5 % (B), (b) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pada siklus I diperoleh nilai 79,45% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,1 % (SB). Pada aspek siswa siklus I diperoleh nilai 68,75% (C). Dan meningkat pada siklus II menjadi 81,25% (B), (c) Hasil belajar pada siklus I pembelajaran IPS di peroleh nilai 75,38 % (B) pada siklus II meningkat menjadi 85,82% (B). Dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Proses Pembelajaran, Model Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:53
Last Modified: 15 Sep 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24238

Actions (login required)

View Item
View Item