Furqaan, Furqaan (2018) Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Hasil Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_FURQAAN_1102508_1222_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_FURQAAN_1102508_1222_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_FURQAAN_1102508_1222_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur yang dapat digunakan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam menguasai suatu materi pelajaran atau kompetensi. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang menunjukkan adanya hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang belum maksimal dan juga belum tuntas nilai hasil praktek kerja industri siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan dengan hasil praktek kerja industri. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 47 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan menggunakan total sampling. Alat pengumpul data adalah dokumentasi nilai hasil belajar. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberatian korelasi. Temuan penelitian tentang hubungan hasil belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan dengan hasil praktek industri yaitu: (1) persentase hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin adalah 77,72 % dan termasuk kategori cukup tinggi. (2) persentase hasil praktik industri adalah 79,85 % dan termasuk kategori cukup baik. (3) hubungan antara hasil belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan dengan hasil praktek industri yaitu dengan klasifikasi harga r hitung > r tabel ( > 0.288), dengan arti kata terdapat hubungan cukup kuat (0,866) antara keduanya yang berarti. Dengan keberartian t hitung > t tabel 2.014 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada sekolah agar dapat meningkatkan hasil belajar guna membantu meningkatkan hasil praktik industri khususnya pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN, HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24235 |