Gusmirawati, Gusmirawati (2011) Gambaran Komunikasi Orang Tua Dan Anak Keluarga Dalam: Studi Kasus Pada Keluarga X di Desa Nanggalo Kec. Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSMIRAWATI_41968_2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSMIRAWATI_41968_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSMIRAWATI_41968_2011.pdf
Download (193kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi sebuah keluarga, yang orang tuanya hanya
tamatan SD namun anak-anaknya berpendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : (1) Cara orang tua berkomunikasi pada anak; (2) Cara anak menangapi
sikap komunikasi yang disampaikan orang tua; (3) Hal yang sering dikomunikasikan
orang tua kepada anak dan; (4) Tangapan orang tua terhadap feed back komunikasi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dalam bentuk studi
kasus. Datanya adalah kata-kata dan penampakan tingkah laku dari nara sumber.
Teknik yang digunakan dalam penjaringan informan adalah teknik Snowball
Sampling. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, dengan alat pengumpulan
data pedoman panduan observasi, selain itu terknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Prosesnya dilakukan dengan data reduction, data display, dan
conclusion drawing/verification.
Setelah dilakukan analisis data yang diperoleh dari hasil temuan penelitian,
maka dapat diketahui bahwa : (1) Cara orang tua keluarga X berkomunikasi kepada
anaknya yaitu dengan cara mengajak anak untuk membicarakan masalah yang terjadi
kepada mereka sejak dini, sedangkan cara anak-anak menangapi komunikasi yang
orang tua sampaikan yaitu mendengarkan perkataan orang tua dan mengikuti saran
yang diberikan dan sikap anak saat berkomunikasi kepada orang tua lemah lembut
dan tidak pernah berkata kasar. (2) Cara anak menangapi komunikasi yang
disampaikan orang tua dengan mendengarkan apa yang orang tua katakan jika anak
tidak mendengarkan perkataan, orang tua tidak langsung memarahi anaknya namun
terlebih dahulu menanyakan apa yang terjadi dan orang tua keluarga X juga
memberikan sangsi apabila anaknya melalukan kesalahan. (3) Hal yang sering
dikomunikasikan orang tua kepada anak yaitu masalah pendidikan agar anaknya
dapat hidup lebih baik dari pada orang tua, anak senang berkomunikasi kepada orang
tua karena setiap ada masalah yang terjadi, orang tua selalu memberikan masukan
kepada anak dan anak sering berkomunikasi kepada orang tua setiap ada masalah
ataupun tidak. (4) Tanggapan orang tua terhadap feed back komunikasi yaitu orang
tua membiasakan mengajak anak untuk berkomunikasi sejak kecil dan setiap ada
masalah anak berhak untuk memilih keputusan sendiri orang tua hanya memberi
saran, anak keluarga X selalu mengikuti perkataan orang tua dan anak tidak pernah
iv
bertutur kata dengan kasar kepada orang tuanya. Dari temuan diatas disarankan
kepada pemerintah untuk lebih mencanangkan pentingnya pendidikan dalam keluarga
dan disarankan kepada orang tua yang lainya dapat mencontoh perilaku keluarga X.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24234 |