Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV B SD Negeri 08 Kampung Jawa I Pariaman

Ardika, Putri (2016) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV B SD Negeri 08 Kampung Jawa I Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUTRI_ARDIKA_1100643_3503_2016.pdf] Text
final_B1_6_PUTRI_ARDIKA_1100643_3503_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa, guru kurang mengaitkan pembelajaran dengan pengetahuan siswa, guru lebih mendominasi dalam pembelajaran tematik terpadu sehingga siswa menjadi pasif. Mengakibatkan proses pembelajaran menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV B SDN 08 kampung jawa I Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian terdiri dari tiga siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV. Dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 75%, siklus II menjadi 83,33%, dan siklus III menjadi 91,66%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I adalah 78,12%, siklus II menjadi 87,50%, dan siklus III menjadi 93,75%. Peningkatan juga tampak pada aspek siswa, siklus I adalah 78,12%, sikuls II menjadi 87,50%, dan sikus III menjadi 93,75%. Dengan demikian model Discovery Learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu kelas IV B SDN 08 Kampung Jawa I Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Menggunakan Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:48
Last Modified: 15 Sep 2025 09:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24221

Actions (login required)

View Item
View Item