Anggraini, Silfi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SILFI ANGGRAINI_86337.pdf [thumbnail of final_B1_8_SILFI ANGGRAINI_86337.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SILFI ANGGRAINI_86337.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil
belajar kimia siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Round
Robin. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terhadap hasil belajar kimia siswa pada
materi Hidrokarbon di kelas X SMANegeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Randomized
Control Only Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMANegeri 8 Padang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil
secara acak dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas X.I sebagai kelas
eksperimen dan kelas X.8sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari
penelitian ini merupakan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon di
kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang dilihat dari nilai tes
akhir. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen yang menggunakan
pembelajaran kooperatif tipeRound Robin memperoleh nilai rata-rata hasil belajar
sebesar 72,20 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan nilai
67,78. Untuk melihat perbedaan kedua kelas berarti atau tidak maka digunakan
uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 68 diperoleh
thitungsebesar 1,87 sedangkan ttabelsebesar 1,67. Hal ini berarti thitung> ttabel, maka
hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwahasil belajar
kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round
Robinlebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensionalpada materi
hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 8 Padang. Dengan demikian, karena hasil
belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
kelas kontrol, maka model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin mempunyai
pengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ROUND ROBIN- MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:48 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24220 |