Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.

Sari, Putri Dewi Mayang (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUTRI DEWI MAYANG SARI_04298_63_2013.pdf] Text
final_B1_6_PUTRI DEWI MAYANG SARI_04298_63_2013.pdf

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering di dominasi oleh guru dan masih melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 29 april 2012 ditemukan hasil belajar IPS siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Taratak Baru Kecamatan Tangjung Gadang Kabupaten Sijunjung, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar terteliti. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatf dan kuantitatif yang dilakukan dengan II siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa:perencanaan (RPP) pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai 82,14%, pertemuan II 83,71%.siklus II pertemuan I memperoleh nilai 89,28%, pertemuan II 86,24%. Pelaksanaan juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari akrivitas guru, siklus I pertemuan I persentae ketuntasanya 60% pertemuan II 61,66% aktivitas siswa pertemuan I 58,01% pertemuan II 63,33%. Siklus II pertemuan I aktivitas guru persentase ketuntasannya 90% pertemuan II 93,33%, aktivitas siswa pertemuan I 86,66% pertemuan II 95% hasil belajar juga mendapat peningkatan dari siklus I pertemuan I, pertemuan II rata-rata yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 62,11, aspek apektif 63,03, aspek pisikomotor 63,42. Pada siklus II pertemuan I, pertemuan II rata-rata siswa aspek kognitif 74,80, aspek afektif 72,4 aspek pisikomotor 74,15. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui metode bermain peran dapat meningkatan hasil pelajar siswa, di Sekolah Dasar Negeri 1 Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Bermain Peran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:46
Last Modified: 15 Sep 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item
View Item