Primayana, Shanti (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Wujud Zat dan Perubahan Materi Untuk SMP/MTS. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SHANTI_PRIMAYANA_1106344_3129_2015.pdf [thumbnail of final_B1_8_SHANTI_PRIMAYANA_1106344_3129_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SHANTI_PRIMAYANA_1106344_3129_2015.pdf
Download (379kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri
terbimbing pada pokok bahasan wujud zat dan perubahan materi untuk
pembelajaran IPA kelas VII SMP/ MTs dan mengungkapkan tingkat validitas dan
praktikalitas dari LKS . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D (four D models) yaitu (1)
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop),
penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah
angket yang terdiri dari lembar validitas untuk dosen kimia dan guru IPA dan
lembar praktikalitas untuk guru IPA dan siswa SMP 7 Padang. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKS berbasis inkuiri
terbimbing pada pokok bahasan wujud zat dan perubahan materi untuk SMP/MTs
yang telah di uji validitas dan praktikalitasnya. LKS berbasis inkuiri terbimbing
ini memiliki nilai rata-rata validitas sebesar 0,863 dengan kategori kevalidan
sangat tinggi dan untuk nilai rata-rata praktikalitas sebesar 0,866 dengan kategori
kepraktisan sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24209 |