Gusmaleni, Gusmaleni (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas X SMA N 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2008/2009. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSMALENI-48281-2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSMALENI-48281-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSMALENI-48281-2011.pdf
Download (217kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru hendaknya senantiasa melibatkan siswa
secara aktif agar tujuan pembelajaran tercapai. Kenyataan yang terjadi di SMAN 1
VII Koto Sungai Sarik pada kelas X terdapat motivasi belajar matematika siswa
yang kurang, proses pembelajaran sering terjadi satu arah dan kurangnya aktivitas
belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Berdasarkan hal
tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token
dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, mengetahui aktivitas belajar
siswa selama proses penerapan model pembelajaran tersebut dan mengetahui
motivasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model
pembelajaran ini.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan The One Shot
Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 VII Koto Sungai
Sarik. Teknik dalam penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang
menjadi sampel adalah kelas X6. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes
hasil belajar, lembar observasi dan angket motivasi.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar
matematika siswa. Terdapat 20 orang siswa mencapai ketuntasan dan secara
klasikal sebanyak 60,61%. Sehingga disimpulkan hasil belajar matematika siswa
dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24196 |