Analisis Pelaksanaan Penyelenggaraan Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Studi Kasus SMA Negeri 1 Padang.

Pungkasih, Gratya Pundhi (2011) Analisis Pelaksanaan Penyelenggaraan Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Studi Kasus SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GRATYA_PUNDHI_PUNGKASIH_79332_5814_2011.pdf] Text
final_B1_GRATYA_PUNDHI_PUNGKASIH_79332_5814_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan program rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI)
studi kasus di SMAN 1 Padang yang masih belum maksimal khususnya dalam tenaga pendidik, kurikulum, sarana dan prasanana, pembiayaan, proses pembelajaran, dan
peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara pasti analisis pelaksanaan penyelenggaraan program rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI)
studi kasus di SMAN 1 Padang, kendala-kendala yang dihadapi serta upaya mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini hanya berusaha untuk membuat deskripsi dan gambaran tentang suatu keadaan sebagaimana mestinya. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu menentukan informan dalam pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan studi dokumenter. Uji keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi sumber. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dan tenaga pendidik, kurikulum,
sarana dan prasanana, pembiayaan, proses pembelajaran, dan peserta didik sudah hampir memenuhi standar RSBI. Namun pendidikan dan pelatihan penguasaan bahasa inggris serta pemahaman taknologi juga diadakan namun yang terjadi belum
sepenuhnya dilakukan. Adaptasi kurikulum telah dilakukan dengan yaitu mengadopsi kurikulum cambridge dari universitas kingdom inggris. Sarana dan prasarana sudah dilengkapi namun masih belum standard RSBI. Pembiayaannya sudah sesuai dengan
yang telah ditentukan namun karna dana yang dibutuhkan cukup besar maka dana tersebut masih kurang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:32
Last Modified: 15 Sep 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24182

Actions (login required)

View Item
View Item