Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi

Marta, Pungki Elvi (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUNGKI_ELVI_MARTA_1204967_4628_2016.pdf] Text
final_B1_6_PUNGKI_ELVI_MARTA_1204967_4628_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa pada pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi, yang berpusat pada siswa, yang dikarenakan guru kurang memahami langkah – langkah yang baik dalam pembelajaran menulis puisi, sehigga menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model Concept Sentence pada siswa kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi pada tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap pascapenulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi yang berjumlah 26 siswa, 13 laki – laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus ada dua kali pertemuan terdiri dari rancangan penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2)pelaksanaan,(3)pengamatan/observasi,dan(4)refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) Siklus I kegiatan guru memperoleh persentase sebanyak 75% (C) meningkat pada siklus II dengan persentase 90,2% (SB), b) Siklus I kegiatan siswa memperoleh persentase sebanyak 73,6% (C) meningkat pada siklus II dengan persentase 84,7% (B). Selanjutnya hasil keterampilan menulis puisi siswa di siklus I pada tahap prapenulisan siswa memperoleh nilai dengan rata-rata 68,3 (C) meningkat pada siklus II menjadi 85 (B), tahap penulisan di siklus I siswa memperoleh rata-rata 70,3 (C) meningkat pada siklus II menjadi 81,2 (B), dan tahap pascapenulisan di siklus I siswa memperoleh nilai dengan rata – rata 71,9 (C) meningkat pada siklus II menjadi 81,5 (B). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan model concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Model Concept Sentence
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:21
Last Modified: 15 Sep 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24171

Actions (login required)

View Item
View Item