Betina, Gita (2011) Kontribusi Penggunaan Internet dan Perilaku Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GITA REZKI ASTIKA_84206_2011.pdf [thumbnail of final_B1_GITA REZKI ASTIKA_84206_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GITA REZKI ASTIKA_84206_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), di mana lebih dari 60% siswa
mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Penggunaan Interrnet dan Perilaku Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) terdapat kontribusi penggunaan Internet terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi perilaku siswa terhadap hasil belajar siswa, 3) terdapat kontribusi penggunaan internet dan perilaku siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini melibatkan 50
responden siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan berstrata proposional (Proportionate stratified
random sampling). Data hasil belajar diperolah dari guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data internet dan perilaku siswa
dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang tealah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan SPSS versi 15.0 untuk dianalisis korelasi dan regresinya.
Hasil analisis data menunjukkan : (1) Penggunaan Internet berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 42% , (2) Perilaku siswa berkontribusi terhadap hasil belajar
sebesar 57 %., dan (3) Penggunaan Internet dan perilaku siswa berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 61%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunaan internet dan perilaku berkontribusi
terhadap hasil belajar siswa, jadi diharapkan kepada guru untuk dapat memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran secara optimal, dan lebih memperhatikan perilaku siswa karena keduanya memberika kontribusi pada hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:13 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24166 |