Elisa, Gida (2010) Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Dalam Bentuk Power Point Pada Teknik Probing-Prompting di Kelas X SMAN 4 Mandau Duri Riau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GIDA ELISA-73168-2011.pdf [thumbnail of final_B1_GIDA ELISA-73168-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GIDA ELISA-73168-2011.pdf
Download (15MB)
Abstract
Pembelajaran fisika hendaknya dapat membuat konsep yang rumit menjadi sederhana, konsep yang abstrak menjadi kongkrit, konsep yang sulit menjadi mudah, dan dilaksanakan hendaknya dapat membuat suasana belajar yang
menyenangkan, mampu memotivasi dan mendorong aktivitas belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas X SMAN 4 Mandau Duri Riau masih kurang memotivasi siswa untuk dapat menemukan konsep-konsep fisika sehingga
hasil belajar siswa masih rendah. Penggunaan media belajar yang cocok diharapkan mampu mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fisika
Dalam Bentuk Power Point Pada Teknik Probing-Prompting Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 4 Mandau Duri Riau. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Mandau yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling, diperoleh kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X
98 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar aspek kognitif dan afektif. Instrumen penilaian berupa lembar tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice test dan lembar observasi untuk ranah afektif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar pada ranah kognitif dengan rata-rata kelas eksperimen 70,46 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 60,22. Dengan uji statistik t, didapatkan t hitung = 3,8156 dan t
= 1,6677. Pada ranah afektif, diperoleh nilai rata-rata afektif siswa kelas eksperimen sebesar
69,39 lebih tinggi dibandingkan rata-rata afektif kelas kontrol yaitu 64,70. Dengan uji statistik t, didapatkan t
hitung = 2,1920 dan t tabel tabel = 1,6677 Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power point pada teknik ProbingPrompting pada ranah kognitif dan afektif
dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik di bandingkan dengan yang tidak menggunakan media power point.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24151 |