Guslina, Guslina (2011) Penggunaan Jargon oleh Komunitas Pemasar Produk Multi Level Marketing Tianshi Kantor Cabang 315 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSLINA_72539_5225_2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSLINA_72539_5225_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSLINA_72539_5225_2011.pdf
Download (149kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan jargon oleh
komunitas pemasar produk MLM Tianshi kantor cabang 315 Padang.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak, teknik catat,
dan wawancara. Metode simak dan teknik catat yaitu menyimak dan mencatat
tuturan komunitas pemasar produk MLM Tianshi yang berisi jargon. Teknik
wawancara digunakan untuk menanyakan kembali maksud penggunaan jargon.
Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama,
struktur jargon yang digunakan oleh komunitas pemasar produk MLM Tianshi
dilihat dari pemakaian bahasanya dikategorikan atas jargon dalam bahasa
Indonesia, bahasa Inggris, dan jargon gabungan bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris. Dilihat dari bentuknya berupa singkatan, dan akronim. Kedua, makna
jargon yang terbentuk adalah makna konotasi bukan makna sebenarnya (makna
kamus/leksikal). Makna jargon ini tidak bersifat rahasia tetapi tidak semua orang
dapat memahami maknanya dengan mudah. Ketiga, komunitas pemasar produk
MLM Tianshi menggunakan jargon berfungsi sebagai alat untuk pengakraban diri
dalam komunitas, sebagai alat untuk menyalurkan emosi dan perasaan dan untuk
mengefisienkan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:09 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24143 |