Pengaruh Resitasi Berupa Peta Konsep Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang

Makarim, Farina Giannesa (2016) Pengaruh Resitasi Berupa Peta Konsep Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FARINA_GIANNESA_MAKARIM_1205580_1312_2016.pdf] Text
B1_03_FARINA_GIANNESA_MAKARIM_1205580_1312_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMPN 13 Padang masih didominasi oleh metode caramah. Metode ceramah yang dilaksanakan guru membuat siswa bosan dan pasif ketika mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya persiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Model NHT ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh resitasi berupa peta konsep sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 13 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Padang yang tersebar dalam 11 kelas. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling, dimana terpilih kelas VII6 dan VII8 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa nilai tes akhir berupa soal objektif dari kedua kelas sampel yang terpilih.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 70,0 sedangkan kelas control 63,73. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t, didapatkan thitung 2,27 dan ttabel 1,99 (thitung>ttabel). Dapat disimpulkan, resitasi berupa peta konsep sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 13 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:08
Last Modified: 15 Sep 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item
View Item